Posted by: megaihyamuis | June 29, 2009

Bertemu Hiu di Karang Tengah

Weekend yang bertepatan akhir bulan Juni ini kami habiskan di Karang Tengah, Sulawesi Tengah. Berangkat dari Sorowako sabtu, 27 Juni sekitar pukul 17.00 sore, dengan menggandengkan speadboat pada mobil. Insiden sempat mewarnai perjalanan kami. Roda trailer speedboat lepas. Beruntung lepasnya terjadi begitu kami tiba di Batu Menggoro.  Pukul 20.00-an baru selesai diperbaiki.

Sementara air laut sudah semakin surut. Akibatnya speadboat yang telah diturunkan ke air kandas alias tak bisa jalan. Air yang tadinya setinggi paha orang dewasa itu berubah menjadi daratan. Adanya sisa-sisa akar bakau yang tampak, menunjukkan bahwa area itu dulunya adalah hutan bakau.

Diving & Mancing

Diving & Mancing

Akhirnya kami menunggu air pasang sambil ngobrol ditemani segelas kopi dan penganan kecil. Asyik juga. Baru sekitar pukul 24.30, speed bisa bergerak. Selanjutnya speedboat punya Mas Ichwan itu melaju ke Bulu Poloe. Di sanalah kami menunggu pagi menjelang.

Pukul 7.00 pagi perjalanan dilanjutkan. Di sepanjang perjalanan, kami bertemu dengan perahu para pemancing dan beberapa bagan. Selang 1,5 jam kemudian, kami tiba di Karang Tengah. Ada tujuh gugusan karang. Di sini banyak ubur-ubur. Tapi tidak seperti ubur-ubur yang sering kami jumpai, ubur-ubur di Karang Tengah ini kecil-kecil sehingga kami menyebutnya bayi ubur-ubur.

Dari tujuh gugusan karang itu, baru karang#7 yang sempat diselami teman-teman SDC sejauh ini. Yang lainnya  belum diekspolorasi.  Akhirnya penyelaman pertama di lakukan di karang #7b. Begitu masuk ke dalam air, aneka ikan yang berwarna-warni menyambut kedatangan kami. Ikan berenang di sela-sela karang, sekalipun ada beberapa bagian karang yang hancur karena bom.

My nemo

My nemo

Penyelaman kedua di karang #7c. Wow….disini lokasinya lebih bagus dari dive pertama. Seperti sebuah taman laut yang dipenuhi hard corals dan soft corals dengan bentuk yang beragam. Kami sangat menikmatinya.

Kondisi karang yang relatif masih bagus

Kondisi karang yang relatif masih bagus

Ikan buntal lg ngumpet

Ikan buntal lg ngumpet

Tiba-tiba tangan Mas Ichwan menunjukkan ke arah kedalaman. Mata kami mencari-cari apa yang dimaksud Mas Ichwan. Benaaar…. Hiu… Meski masih setengah percaya, segera kuarahkan jepretan kameraku pada mahluk itu. Tapi karena jaraknya yang lumayan jauh sehingga hasilnya kurang jelas. Ada beberapa hiu lagi yang tampak, tapi semuanya jauh dan kameraku tak sanggup menangkap sosoknya yang tenggelam dalam birunya air laut.

Hiu

Hiu

Tubuh kami kembali melayang-layang bercengkrama dengan ikan-ikan hias. Sementara aku fokuskan jepretan pada sekelompok clown fish yang sedang bersembunyi di sea anemon, lagi-lagi Mas Ichwan memberi kode.  Haaaah….seekor hiu sepanjang kira-kira 1 meteran berada persis di belakangku. Sontak aku kaget, sementara hiu itu mengamatiku…apa mungkin ia berpikir mahluk apa gerangan yang ada di depannya sekarang? 

Aku tidak segera menjepretkan kameraku, karena pikiranku berkecamuk bagemana kalo tiba-tiba hiu itu menyerangku sementara Mas Ichwan dan Mahendra berada beberapa meter di atasku. Aku sendirian. Tanpa pikir panjang aku memutuskan untuk segera kabur. Tapi sebelumnya aku tetap memotretnya, sekalipun tangan ini gemeteran. Makanya bagian kepalanya sedikit terpotong.

Hiu2

Hiu2

Meski hasilnya ga maksimal, tapi hasil jepretanku ini adalah satu-satunya dokumentasi akan adanya hiu di Karang Tengah.

White tip shark

White tip shark

Sungguh perjalanan yang menakjubkan, karena tak pernah terbayangkan sebelumnya kalo di Karang Tengah inilah aku dapat bertemu dengan hiu, salah satu mahluk yang bikin keder para penyelam, selain barracuda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: