Posted by: megaihyamuis | January 20, 2009

Riset Comdev (3)

Kalau selama ini kunjungan kami ke Sulawesi Tengah, tepatnya Bahodopi selalu melewati jalan umum (Nuha-Beteleme-Bungku-Bahodopi), maka kali kami mencoba  rute baru yakni jalan eksplorasi.

 

Sejak pertengahan 2008 lalu, telah dibuat jalan  yang menghubungkan antara Petea,Sorowako dengan Bahodopi,Sulawesi Tengah untuk memudahkan kegiatan eksplorasi di sana.

Perjalanan menerobos rimbunnya pepohonan, sungai, tanjakan menjadi cerita seru yang mewarnai perjalanan seru kami. Apalagi ketika ada pohon besar yang tumbang menghalangi jalan. Untunglah tim membawa mesin chainsaw. Ceritanya, sebelum meninggalkan Camp Seba-Seba (kami mampir di sini untuk makan siang), ada chainsaw yang lagi nganggur. Seorang kru menganjurkan untuk membawanya. Katanya buat jaga-jaga di jalan. Eh ternyata benar, sangat berguna. Sebab, mungkin kalau pake golok, perlu berjam-jam untuk memotong batang pohon tersebut. Bisa-bisa kami kemaleman di hutan.

 

Kami tiba di Camp Kilometer Sembilan pukul 3 sore. Ternyata dengan rute baru ini hanya butuh 4 jam untuk sampai ke Bahodopi. Sedangkan jika lewat jalan umum perlu sekitar 7-8 jam. Jadi saving waktu kurang lebih 3-4 jam. Walaupun untuk saat ini kendaraan yang bisa melintasnya terbatas hanya jenis 4WD saja.

 

Setelah istirahat sebentar, kami berkeliling ke desa-desa sekitar untuk melihat beberapa bantuan perusahaan yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat. Di Desa Lele, kami menemui petani yang sedang menggarap kaplingnya dengan menggunakan traktor bantuan PT Inco. Ada lebih dari 50 hektar lahan tidur akan dibuka menjadi lahan produktif seiring dengan kebijakan pemerintah setempat untuk menggairahkan sektor pertanian di daerah ini.

 

Sementara bangunan TK yang terbilang mewah berdiri kokoh di Desa Bahomotefe. Ada 4 bangunan serupa di desa lainnya. Sementara itu 42 unit rumah penduduk di Desa Siumbatu juga telah dilengkapi dengan sumur dan jamban keluarga agar mereka bisa hidup di lingkungan yang sehat. Masih banyak beberapa program yang belum disebutkan. Semuanya untuk membantu pemerintah daerah untuk menyediakan sarana yang layak bagi masyarakat.

 

Jika PT Inco telah beroperasi penuh di Blok Bahodopi kelak, bisa dipastikan daerah ini akan disulap berubah wajah menjadi kota baru dengan segala fasilitasnya, seperti yang telah terjadi dengan Sorowako.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: