Posted by: megaihyamuis | January 16, 2009

Riset Comdev (2)

Dari hasil kunjungan lapangan, kami menyimpulkan program community development (comdev) di Sulawesi Tenggara masih didominasi oleh pembangunan infrastruktur fisik, seperti gedung sekolah, pusat kesehatan masyarakat, perpustakaan, sarana air bersih, dll. Pelaksanaannya dikelola oleh pihak pemerintah daerah setempat. Rupanya peran mereka sangat dominan dalam menentukan jenis program yang akan dilaksanakan.

 

Mungkin karena perusahaan belum beroperasi penuh di Sulawesi Tenggara sehingga model pelaksanaan comdev di sana masih seperti itu. Hal ini berbeda dengan apa yang sudah dilakukan di Sulawesi Selatan, khususnya pada empat wilayah pemberdayaan di sekitar perusahaan. Penentuan program melalui proses need assessment,antara lain adanya mekanisme penjaringan program dengan melibatkan semua pihak terutama masyarakat pada masing-masing area. Hal ini didasari bahwa tentunya masyarakat sendirilah yang tahu apa yang menjadi kebutuhan prioritas mereka. Selain itu, keterlibatan masyarakat secara partisipatif juga diharapkan dapat menumbuhkan sense of ownership karena mereka menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program yang dilaksanakan.

 

Idealnya memang program comdev dilakukan terencana dan diarahkan untuk memperbesar akses masyarakat untuk mencapai kondisi sosial, ekonomi dan kualitas hidup yang lebih baik. Salah satunya dapat memberi alternatif sumber ekonomi baru bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, sehingga adanya perubahan sebelum dan sesudah program bisa terukur. Hal yang sangat penting adalah sustainability dari program itu sendiri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: