Posted by: megaihyamuis | December 17, 2008

Bentrok Lagi

Adik…. tayangan gambar di salah satu chanel TV swasta sore ini membuatku terhenyak. Tampak teman temanmu-puluhan mahasiswa- dan polisi terlibat aksi saling mengejar dan melempari batu, bahkan ada yang yang membawa bom molotov. Demonstrasi menolak RUU Badan Hukum Pendidikan (BHP) yang dilakukan mahasiswa Unhas berakhir bentrok dengan aparat yang membubarkan aksi tersebut karena dianggap mengganggu ketertiban umum (memacetkan jalan).

 

Bentrok lagi…..pemandangan yang mewarnai hampir setiap aksi mahasiswa di Makassar. Makanya jangan heran ketika stigma yang kurang menyenangkan kerap dilekatkan pada institusi pendidikan tinggi di Makassar, tak terkecuali Unhas. Pengalamanku, dalam banyak interaksi dengan alumni dari luar Makassar, ketika aku ditanya lulusan dari mana, maka reaksi yang ada setelah mendengar jawabanku: ”Oooo…dari Unhas… kampus yang sering  berantem ya? Kenapa sih mahasiswanya suka tawuran?”

Ah Adik, malu rasanya kampus kita yang tercinta ini diidentikkan seperti itu.

 

Aku paham, kepentingan yang kalian usung dalam setiap aksi sangat mulia, akan tetapi, konflik yang terjadi dalam perjalanan aksi itu yang membuat media massa merangkumnya menjadi satu tema yakni kekerasan. Akibatnya, isu dan kepentingan yang kalian usung tertutupi oleh berita aksi perlawanan, kerusakan, dll. Yang menonjol justru isu kekerasannya.

 

Adik… sampai kapan aksi yang kalian lakukan harus dinodai? Tak adakah cara-cara yang lebih elegan, yang mencerminkan bahwa kalian sebagai orang terpelajar. Tak bisakah setiap perbedaan pandangan dan sikap diselesaikan dengan otak, bukan dengan otot? Bukankah kampus adalah tempat mendidik intelektual, bukan calon-calon preman yang lebih mengedepankan kekerasan untuk menyelesaikan masalah. Dan kamu tahu betul soal ini. Iya kan? Aku rindu suatu saat bisa mendengar kabar bahwa aksi unjuk rasa teman-temanmu, mahasiswa dari Makassar mengundang dukungan dan simpati masyarakat, bukan sebaliknya!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: