Posted by: megaihyamuis | August 28, 2008

Thematic Map of Malili Lakes System (1)

Tim National Geographic Indonesia Magazine melakukan survey awal dalam rangka pembuatan Peta Tematik Sistem Danau Malili (Malili Lakes System). Kegiatan ini juga melibatkan peneliti dari Dept.Limnologi-LIPI, dan Arkeolog Universitas Hasanuddin.

Kompleks Danau Malili yang terdiri dari Danau Matano, Mahalona, dan Towuti memang unik, baik dari segi geologi pembentukannya-terutama Danau Matano-, keanekaragaman hayati di dalamnya, budaya masyarakat di sekitarnya, maupun aspek arkeologi.

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari keberadaan kompleks danau ini, diantaranya untuk pembangkit listrik (PLTA).  Terlepas dari adanya perubahan ekologi yang diakibatkannya, namun keberadaan PLTA tersebut membawa manfaat luar biasa. Selain sebagai penyedia energi yang murah dan ramah lingkungan, keberadaannnya justru mendorong upaya pelestarian hutan di sekitar danau dan daerah aliran sungai sebagai syarat apabila ingin berumur panjang.

PT Inco sebagai industri yang mendapat untung dari potensi air tersebut, secara konsisten melakukan upaya pelestarian hutan di sekitar DAS Larona untuk mempertahankan kondisi resapan air. Baru-baru ini juga telah ditandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemda Luwu Timur, BKSDA, dan kepolisian dalam kerangka melakukan pengawasan serta pengamanan kawasaan hutan Kontrak Karya PTI dari aktivitas illegal logging. 

Selain, ketiga danau di atas, sebenarnya masih ada dua danau lagi dalam kawasan yang sama, yakni Danau Masapi dan Lantoa. Namun, karena aksesnya yang sulit, dua danau kecil ini jarang dikunjungi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: