Posted by: megaihyamuis | July 1, 2008

Kebun Raya Sorowako, Bukan Cuma Mimpi

Jungle track sepanjang 3,2 km menuju puncak  Bukit Butoh merupakan salah satu bagian dari skenario Kebun Raya Sorowako

Jungle track sepanjang 3,2 km menuju puncak Bukit Butoh merupakan salah satu bagian dari skenario Kebun Raya Sorowako

Impian membangun kebun raya di Sorowako kini di depan mata. Disain dan namanya sedang disiapkan.

 

Bayangkan, Anda memasuki kebun raya Sorowako dan disambut oleh keindahan beragam jenis bunga. Semakin melangkah masuk, Anda akan menemukan koleksi ratusan spesies tanaman endemis Sulawesi dan kebun polikultur. Sementara itu, kawanan anoa dan rusa siap menyapa. Kupu-kupu khas Sulawesi juga sedang beterbangan di taman kupu-kupu. Dari ruang tangkar, terdengar dengungan lebah madu. Di kebun Zoologi ini menjadi surga bagi fauna endemis Sulawesi.

Pada salah satu sudut taman, terlihat beberapa jenis alat berat operasi tambang, seperti mobil 777, shovel, dan dozer, pertanda Anda sedang berada di museum tambang PT Inco.

Pada bagian lain, tampak gedung utama yang berfungsi sebagai pusat informasi. Di dalamnya terdapat ruang display atau galeri, pusat riset, laboratorium, perpustakaan, dan ruang video.

Bagi yang hobi berpetualang, kebun raya ini juga menawarkan rute jungle track menyusuri Bukit Butoh dengan pemandangan beragam jenis nephentes atau tumbuhan kantung semar.  Selain itu, ada juga taman bermain, water splash park, dan camping ground.

Kebun raya yang merupakan salah satu program dari skenario penutupan tambang PT Inco secara berkelanjutan, diperuntukkan sebagai tempat wisata alam yang bernuansa ilmu pengetahuan, lingkungan dan teknologi. Bayangkan, lebih dari 100 hektar luas lahan pascatambang PT Inco akan disulap menjadi kebun raya tersebut.

Sejak dimulai pencanangan scenario ini, telah dilakukan studi kelayakan yang komprehensif untuk menggali informasi dari semua aspek. Tidak hanya segi ekologi tetapi juga sosial budaya masyarakat setempat. Tak ketinggalan juga dilakukan konsultasi publik multi-stakeholder di Luwu Timur. Karena kebun raya di Sorowako akan jadi etalase Sulawesi, rencananya juga akan mengundang seluruh propinsi di Pulau Sulawesi untuk memberi masukan.

Berdasarkan pertimbangan aspek ekologi dan budaya lokal pula, sehingga desain Kebun Raya Sorowako mengadopsi bentuk daun yang diinspirasi dari pohon Welanreng, yang dalam cerita rakyat Luwu Timur ditebang oleh raja Luwu, Sawerigading untuk dibuat perahu, selain karena daun sudah menjadi ikon umum pelestarian lingkungan. Perihal nama kebun raya tersebut masih sedang didiskusikan. Sementara ini nama yang diusulkan tidak jauh dari gabungan antara Wallacea sebagai kawasan biogeografi Sulawesi dan Sawerigading yang mewakili konteks budaya lokal.

Sepintas ini memang seperti mimpi. Tetapi bila berhasil diwujudkan, Sorowako akan menjadi rujukan bagi para ahli, peneliti, pelajar, ekowisatawan sebagai pusat pengetahuan botani, kawasan konservasi, pendidikan dan penelitian. Jika Anda ingin tahu flora dan fauna endemis Sulawesi, datang saja ke kebun raya ini.

Dan PT Inco dapat menjadi perusahan swasta pertama yang  membangun tapak konservasi keanekaragaman hayati di Indonesia. Hadirnya kebun raya Sorowako membuktikan komitmen PT Inco terhadap rehabilitasi lahan tambang, konservasi lingkungan, wisata, sekaligus kontribusi terhadap aktivitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Upaya semacam ini tentu saja mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Luwu Timur. 

Tak syak lagi, kebun raya dapat menjadi salah satu warisan Sorowako yang ditinggalkan PT Inco ketika Kontrak Karyanya berakhir. Pada saat itu, masyarakat akan mendapati daya dukung dan fungsi lingkungan pulih, sekaligus memiliki nilai tambah dengan adanya sumberdaya ekonomi baru yang menjadi subtitusi produk nikel untuk kesejahteraan mereka. Semoga!


Responses

  1. Kembng kacn lg flora n fauna yach ada d’selsel biar mnjadi k’indahan alm ter sendiri.x d’luwu timur

  2. Kerennnnnn..
    k’ Mega smoga suksess slalu….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: